Next-G, Modifikasi Yamaha Jupiter Z Mirip Jetski
Modifikasi motor bebek menjadi skutik bukan hal baru lagi. Namun, kreasi duet Johanes Hanafi dari rumah modifikasi X-16 dan Tomy Gunawan dari Tomy Airbrush ini terbilang unik. Mereka merombak Yamaha Jupiter Z berbentuk hampir mirip dengan jetski, dan diberi nama Next-G.
Konsep Next-G memang unik. Ada dua pekerjaan besar buat keduanya sebelum Jupiter-Z jadi model Next-G. Menurut Johanes, urusan bodi menjadi tanggung jawabnya, sedangkan mesin digarap Tomy. Intinya, mereka kerja bareng.
Diakui Johanes, menggembungkan bodi Jupiter tidak mudah. Breket asli ada yang dipertahankan dan ada pula yang diperkuat, terutama bagian depan dan belakang harus dihitung agar bodi besar skuter bisa masuk.
Setelah itu, konstruksi pegangan bodi depan berubah lantaran dimensi hidung Next-G yang mancung dan lebar. Cara demikian juga diterapkan kala menggarap belakang. Rangka dipapas dan didesain ulang sesuai dimensi panjang dan lebar dari tengah serta belakang.
Belum lagi menyambung dengan pelat siku supaya beban buntut baru bisa ditahan. Ubahan bodi enggak seberapa kalau mengacu ke Next-G. Yang perlu diperhatikan, sistem transmisi yang digarap Tomy. Ketika mesin dinyalakan, kontan gigi otomatis masuk ke satu.
(sumber: kompas.com)
Hasil Balapan MotoGP Inggris 2009, Dovizioso Juara
Hasil balapan MotoGP Inggris 2009 di sirkuit Donnington diwarnai kejutan. Pembalap Honda Andrea Dovizioso meraih juara. Colin Edwards dari Tech 3 Yamaha runner up dan Randy de Puniet dari LCR Honda posisi ketiga.
Pada balapan Minggu malam (26/7) WIB, lintas yang lembab akibat hujan memakan korban, termasuk Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Toni Elias. Ketiganya harus terjatuh. Rossi, meski masih bisa melanjutkan balapan usai terjatuh, tak bisa mengejar kehilangan waktunya. Padahal sebelum insiden tersebut, dia sedang memimpin balapan.
Yang berhasil memanfaatkan momentum itu adalah Andrea Doviziso. Start di posisi lima, ia mengawali balapan dengan bagus. Setelah menempel ketat Rossi yang lantas jatuh, Dovizioso pun mengambil alih posisi terdepan.
Posisi itu dia jaga sampai balapan berakhir, meski ada Colin Edwards dan Randy de Puniet setia membayangi. Ini adalah podium pertama buat Dovizioso dalam karir MotoGP-nya.
Hasil MotoGP Inggris selengkapnya:
Posisi-Pembalap-Tim-Waktu
1. Andrea Dovizioso Honda 48m26.267s
2. Colin Edwards Tech 3 Yamaha + 1.360s
3. Randy de Puniet LCR Honda + 1.600s
4. Alex de Angelis Gresini Honda + 8.958s
5. Valentino Rossi Yamaha + 21.622s
6. James Toseland Tech 3 Yamaha + 22.465s
7. Marco Melandri Hayate Kawasaki + 35.284s
8. Niccolo Canepa Pramac Ducati + 38.769s
9. Dani Pedrosa Honda + 42.112s
10. Mika Kallio Pramac Ducati + 45.845s
11. Loris Capirossi Suzuki + 53.190s
12. Gabor Talmacsi Scot Honda +1m12.315s
13. Chris Vermeulen Suzuki + 1 lap
14. Casey Stoner Ducati + 1 lap
15. Nicky Hayden Ducati + 1 lap
Gagal finish:
Jorge Lorenzo Yamaha 8 laps
Toni Elias Gresini Honda 7 laps
(sumber: detiksport.com)
By
magisblogs
,
0
Comments
Modifikasi Yamaha Mio 2005 Jadi Motor Sport Klasik
Modifikasi yang dilakukan Ressa Wintananda ini terbilang ekstrim. Bayangkan, ia mengubah Yamaha Mio 2005 miliknya menjadi motor laki model sport bergaya klasik. Reza, sapaan akrabnya, mengaku memang ingin lepas dari aliran gaya low rider, hot rod atau drag style yang lagi digandrungi para builder skutik.
Menurut pengakuannya, ia lebih suka yang klasik. Keputusan permak motor pun bukan karerna ia niat ingin ikut kontes. "Motor ini aku pakai buat keliling beli onderdil," ungkapnya.
Kendati dipakai buat harian, ia bisa dibilang kreatif dan karyanya ini inovatif, bahkan bisa dibilang ekstrem karena dari Yamaha Mio, hanya mesin yang dipakai. Sudah begitu, posisi mesin skutik yang di belakang pindah lokasi menjadi di tengah.
Menariknya lagi, sistem suspensi depannya telelever. Model tunggal seperti lawas dengan posisi di tengah atas, tepatnya di bawah setang. Kemudian, roda depan dipegang satu arm mengikuti yang belakang. Termasuk desain sokbreker belakang juga tunggal yang terletak antara tangki dan sadel depan.
Velg custom ukuran 14 inci dibalut ban Swallow ukuran 160/70. Menurut Reza, rangka dibikin dari nol dengan menyesuaikan dimensi mesin dan CVT. "Rangka aku sesuaikan kekuatannya, meski diamaternya kecil. Tapi, kualitas las-lasannya mesti bagus agar kuat," ungkap Reza dari rumah modifikasi roda empat KMS, Kaliurang, Yogyakarta.
Sekalipun dibangun bukan untuk ikut kontes, nyatanya ketika ditampilkan di ajang Yamaha Mofest Modification Contest 2, region 1 di Kota Gudeg, Reza menyabet piala sebagai pemenang II kelas Non Moped X-Treme. (sumber: kompas.com)
AmericanMuscle & Friends Raise $9,000+ for Charity
From the beginning the American Muscle Car Show was set to be more than just a show. Company founders, backed by enthusiastic employees, pushed to give something back to the men and women who have sacrificed so much for our freedom. The initial goal was to raise $5,000 to Homes for Our Troops, a charity that buys or builds homes for disabled veterans. After two previous donations, the team at AM decided to recruit its customers, vendors, families and friends to join the cause and give to this noble charity at the show.
With American Muscle pledging to donate 100 percent of all show proceeds, the effort was fueled by the AM Girls selling raffle tickets for some seriously sweet parts donated by many top Mustang performance brands like SCT, Roush, Eibach, dba, Hawk, Pypes Exhaust, BBK, Maximum Motorsports, aFe, MagnaFlow, Motive, Edelbrock, PA Performance, H&R Springs and more. Also adding to that total were t-Shirt and food sales, plus personal contributions from AM employees.
At the end of the day, with all donations counted, American Muscle wrote a check for $8015 to Homes for our Troops. Joining American Muscle in supporting this great cause, the members of the Garden State Region Mustang Club voted unanimously to give a generous donation of $850 to the charity. Another donation of $500 was received from an anonymous American Muscle supplier bringing the total joint donation to $9,365.
Accepting on behalf of the charity were Frank and Karen McKee of Springfield, PA. After receiving the very large check, Mr. McKee expressed sincere appreciation saying he was humbled by the donation. Personally, I think we’re more humbled by our troops.
Valentino Rossi Juara | Hasil Balapan MotoGP Jerman
Valentino Rossi tak terbendung. Pembalap Fiat-Yamaha kian dekat ke tangga juara MotoGP musim 2009, menyusul hasil gemilang pada balapan di MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu malam (19/7) WIB. The Doctor meraih juara. Di posisi dua dan tiga adalah Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.
Berkat kemenangan ini, Rossi kian kukuh di puncak klasemen dengan poin 176. Sedangkan rekan setimnya Jorge Lorenzo di posisi kedua (162). Sementara Casey Stoner tempat ketiga (148).
Hasil selengkapnya:
1. Valentino Rossi (Fiat-Yamaha) 41m21.769s
2. Jorge Lorenzo (Diat-Yamaha + 0.099s
3. Dani Pedrosa (Repsol-Honda) + 2.899s
4. Casey Stoner (Ducati) + 10.226s
5. Alex de Angelis (Gresini Honda) + 21.522s
6. Toni Elias (Gresini Honda) + 30.852s
7. Marco Melandri (Hayate Kawasaki) + 31.301s
8. Nicky Hayden (Ducati) + 31.726s
9. Colin Edwards (Tech 3 Yamaha) + 32.865s
10. James Toseland (Tech 3 Yamaha) + 43.926s
11. Loris Capirossi (Suzuki) + 57.375s
12. Niccolo Canepa (Pramac Ducati) +1m00.539s
13. Chris Vermeulen (Suzuki) +1m03.645s
14. Mika Kallio (Pramac Ducati) +1m04.155s
15. Gabor Talmacsi (Scot Honda) + 1 lap
Berkat kemenangan ini, Rossi kian kukuh di puncak klasemen dengan poin 176. Sedangkan rekan setimnya Jorge Lorenzo di posisi kedua (162). Sementara Casey Stoner tempat ketiga (148).
Hasil selengkapnya:
1. Valentino Rossi (Fiat-Yamaha) 41m21.769s
2. Jorge Lorenzo (Diat-Yamaha + 0.099s
3. Dani Pedrosa (Repsol-Honda) + 2.899s
4. Casey Stoner (Ducati) + 10.226s
5. Alex de Angelis (Gresini Honda) + 21.522s
6. Toni Elias (Gresini Honda) + 30.852s
7. Marco Melandri (Hayate Kawasaki) + 31.301s
8. Nicky Hayden (Ducati) + 31.726s
9. Colin Edwards (Tech 3 Yamaha) + 32.865s
10. James Toseland (Tech 3 Yamaha) + 43.926s
11. Loris Capirossi (Suzuki) + 57.375s
12. Niccolo Canepa (Pramac Ducati) +1m00.539s
13. Chris Vermeulen (Suzuki) +1m03.645s
14. Mika Kallio (Pramac Ducati) +1m04.155s
15. Gabor Talmacsi (Scot Honda) + 1 lap
Motor Baru Harley Davidson VRSC V-Rod Muscle 2009
Diam-diam, pabrikan motor gede (moge) Harley Davidson tahun 2009 ini mengeluarkan beberapa varian baru. Salah satunya adalah VRSC V Rod Muscle. Harga moge ini dibandrol sekitar $ 17 ribu. Wow! Cuma, harga segitu tampaknya sebanding dengan tongkrongan dan performanya.
Spesifikasi:
Engine:
Engine Type V Twin
Cylinders 2
Engine Stroke 4-Stroke
Cooling Liquid
Valves 8
Valves Per Cylinder 4
Valve Configuration DOHC
Compression Ratio 11.5:1
Starter Electric
Fuel Requirements Premium
Fuel Type Gas
Transmission:
Transmission Type Manual
Number Of Speeds 5
Primary Drive (Rear Wheel) Belt
Wheels & Tires:
Front Tire (Full Spec) Dunlop® 120/70 ZR19 60W
Rear Tire (Full Spec) Dunlop® 240/40 R18 79V
Brakes:
Front Brake Type Dual Disc
Rear Brake Type Disc
Technical Specifications:
Wheelbase (in/mm) 67 / 1701.8
Fuel Capacity (gal/l) 5 / 18.9
Spesifikasi:
Engine:
Engine Type V Twin
Cylinders 2
Engine Stroke 4-Stroke
Cooling Liquid
Valves 8
Valves Per Cylinder 4
Valve Configuration DOHC
Compression Ratio 11.5:1
Starter Electric
Fuel Requirements Premium
Fuel Type Gas
Transmission:
Transmission Type Manual
Number Of Speeds 5
Primary Drive (Rear Wheel) Belt
Wheels & Tires:
Front Tire (Full Spec) Dunlop® 120/70 ZR19 60W
Rear Tire (Full Spec) Dunlop® 240/40 R18 79V
Brakes:
Front Brake Type Dual Disc
Rear Brake Type Disc
Technical Specifications:
Wheelbase (in/mm) 67 / 1701.8
Fuel Capacity (gal/l) 5 / 18.9
Modifikasi Honda Vario Low Rider tanpa Undur-undur
Modifikasi motor Honda Vario jadi low rider bukan hal baru lagi. Namun, yang dilakukan Deden Darmawan dari JK Cutom, Sumedang, Jawa Barat, ini terbilang di luar jalur mainstream. Ia tidak menggunakan undur-undur sebagai pengganti dudukan mesin. Deden membuat terobosan pada Honda Vario 2008. Saat sumbu roda dimundurkan, itu dilakukan tanpa mengubah struktur kerangka asli.
Karena sudah mundur, untuk pegangan roda dibikinkan besi penopang tambahan seperti lengan ayun. Dudukannya memanfaatkan breket yang ada di areal mesin. Lengan ayun sengaja dibikin single, kata Deden, biar tampak lebih sip. Sokbreker pun monoshock dengan menumpang dudukan di lengan ayun tadi.
Untuk transfer tenaga dari as roda belakang dipasangi gear yang dihubungkan dengan rantai ke gear pada roda belakang baru. Rantainya sengaja dibuat dengan dua buah gear yang posisinya sejajar.
Untuk sistem penghenti laju alias rem, Deden telah mengubahnya menjadi cakram. Posisinya menempel dengan gear depan agar simpel sekaligus memanfaatkan ruang yang kosong.
Kedua roda dipasangi velg custom yang lingkarnya dari roda mobil dengan ukuran berbeda. Depan 4 inci dan belakang 5,5 inci, menggunakan ban mobil. Bagian tengah velg dirancang sendiri model palang lima menggunakan bahan pelat tebal.
Sementara itu, tampilan bodi hampir dari seluruh standar Vario lenyap dan diganti dengan model membulat yang minim lekukan. "Kecuali dek saja yang masih asli," kata Deden. Untuk setang, bagian itu dibuat telanjang membentuk U-bar.
(sumber: kompas.com)
Karena sudah mundur, untuk pegangan roda dibikinkan besi penopang tambahan seperti lengan ayun. Dudukannya memanfaatkan breket yang ada di areal mesin. Lengan ayun sengaja dibikin single, kata Deden, biar tampak lebih sip. Sokbreker pun monoshock dengan menumpang dudukan di lengan ayun tadi.
Untuk transfer tenaga dari as roda belakang dipasangi gear yang dihubungkan dengan rantai ke gear pada roda belakang baru. Rantainya sengaja dibuat dengan dua buah gear yang posisinya sejajar.
Untuk sistem penghenti laju alias rem, Deden telah mengubahnya menjadi cakram. Posisinya menempel dengan gear depan agar simpel sekaligus memanfaatkan ruang yang kosong.
Kedua roda dipasangi velg custom yang lingkarnya dari roda mobil dengan ukuran berbeda. Depan 4 inci dan belakang 5,5 inci, menggunakan ban mobil. Bagian tengah velg dirancang sendiri model palang lima menggunakan bahan pelat tebal.
Sementara itu, tampilan bodi hampir dari seluruh standar Vario lenyap dan diganti dengan model membulat yang minim lekukan. "Kecuali dek saja yang masih asli," kata Deden. Untuk setang, bagian itu dibuat telanjang membentuk U-bar.
(sumber: kompas.com)
Subscribe to:
Posts
(
Atom
)